FORMAT PENULISAN MAKALAH
oleh
Suhartono, S.Pd
(Judul) ……………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………..
Abstrak
Daftar Isi hal
1. Pendahuluan
1. Pendahuluan
1.1 Masalah Penelitian ………………………………………………………….
1.2 Tujuan Penelitian …………………………………………………………..
1.3 Kerangka Dasar Pemikiran ……………………………………………….
1.4 Metode dan Teknik Penelitian ……………………………………………
1.5 Populasi dan Sampel Penelitian ………………………………………..
2. Landasan Teori ………………………………………………………………….
3. Data, Analisis dan Pembahasannya …………………………………………..
3.l Latar Belakang Penguasaan Bahasa Indonesia ………………………
3.2 Analisis dan Pembahasan Penguasaan Struktur Kalimat ……………..
4. Simpulan dan Rekomendasi …………………………………………………..
4.1 Simpulan ………………………………………………………………….
4.2 Rekomendasi ………………………………………………………………..
Daftar Bacaan / Daftar Pustaka ……………………………………………………..
Lampiran-lampiran …………………………………………………………….
Abstrak
Dimana …………. Pelajaran Bahasa Indonesia pada semester ……… tahun …….. masalah yang akan dijadikan obyek penulisan ……………... mengapa anda tertarik mengangkat tema yang akan anda tulis Saya merasa tertarik untuk melakukan penelitian terhadap ……………….. ……………………………………………………………… tersebut. Penelitian ini difokuskan pada ……………………………………………………………………….. Setelah dilakukan penelitian, ternyata (tunjukan kenyataan/masalah yang anda amati/teliti). Ada berbagai kendala yang menyebabkan ……………………………………………………………………….., yaitu:
1. ……………………………………………………………………………………………………..
2. ……………………………………………………………………………………………………..
3. ……………………………………………………………………………………………………..
4. ……………………………………………………………………………………………………..
5. ……………………………………………………………………………………………………..
6. ……………………………………………………………………………………………………..
7. dst.
Sehubungan dengan kendala/permasalahan itu, berbagai usaha perlu diupayakan untuk ……….…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………..
1. Pendahuluan
Mengapa peneliti mengangkat judul tesebut …………………………………………… …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
Sesuaikan dengan materi dari beberapa buku yang sesuai dengan judul. Isinya harus benar-benar relevan.
Buku 1 ………………………………………………………………………………………...
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
Buku 1 ………………………………………………………………………………………...
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………. dst.
Sehubungan dengan itu, saya merasa tertarik untuk mengadakan penelitian ini yang fokus sasarannya ialah …………………………………………………………………… …… ……………………………….. …………………………………… …………………………… Dari hasil penelitian ini akan diketahui, bagaimana proses ……………………… …… ……………………………………………………………., hasil yang dicapai serta kendala- kendala apa sajakah yang dirasakan sulit oleh ……………(siapa sasarannya). tentang …………………………………………………….. tujuan yang diharapkan.
1.1 Masalah Penelitian /Rumusan Masalh
(Masalah sesuai dengan judul) ……………………………………… …………………… ……………………………………………………………………… masih banyak yang perlu digali dan diteliti agar sasaran atau tujuan yang diharapkan dalam ………………………. …………………………………………………(Masalah sesuai dengan judul) dapat tercapai. Hal-hal yang perlu mendapat perhatian itu di antaranya tujuan atau target yang ingin dicapai, cakupan materi atau bahan pembelajaran, pendekatan, metode dan teknik ……………………………,media dan masih banyak lagi permasalahan yang perlu dirintis untuk dicarikan jalan pemecahannya. Salah satu cara untuk memecahkan permasalahan tersebut ialah melalui penelitian dan dari berbagai pokok permasalahan yang telah disebutkan di atas, ada pokok masalah yang menarik perhatian saya, yaitu masalah …………………………………… (Masalah sesuai dengan judul). Untuk memudahkan arah sasaran yang ingin dikaji dalam ……………………………………….. (Masalah sesuai dengan judul), masalah penelitian ini dirumuskan dalam bentuk pertanyaan penelitian berikut ini.
1) Sejauh manakah …………………………………………………………………… ?
2) Kendala-kendala apa sajakah yang dihadapi ……………………………………?
Kedua pokok masalah tersebut itulah yang akan dijadikan sasaran atau objek kajian penelitian ini.
1.2 Tujuan Penelitian
Sesuai dengan pokok masalah sebagaimana telah dikemukakan di atas, tujuan penelitian ini ialah untuk memerikan
1. (Masalah sesuai dengan judul)l; dan
2. kendala-kendala atau hambatan-hambatan yang dihadapi ……………… …………………………………………………………………….
Untuk mencapai sasaran atau target tujuan penelitian tersebut sudah tentu diperlukan dasar pemikiran teoritis serta pengembangannya dengan mengunakan metode dan teknik penelitian yang diterapkan di lapangan sesuai dengan objeknya. (Bila Objeknya Siswa, bila Objeknya bukan siswa bias diganti dengan studi pustaka)
1.3 Kerangka Dasar Pemikiran
Dasar pemikiran mengapa (Masalah sesuai dengan judul). Hal itu berdasarkan bahwa ……………………………………………………………………….
………… …………………………………………... Oleh karena mereka telah dapat ………………………………………………………………….maka perlu ditindaklanjuti melalui penelitian ini sejauh manakah (Masalah sesuai dengan judul). Di sini timbul dugaan, yaitu (sesuai dengan judul). …………………………………… …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
1.4 Metode dan Teknik Penelitian
Metode yang diterapkan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif karena data yang diungkapkan benar-benar terjadi pada saat penelitian ini dilakukan dan untuk mendeskripsikan prilaku (Masalah sesuai dengan judul) itu sebagai langkah awal digunakan teknik tes yang kemudian diikuti teknik nontes yang berupa observasi dan wawancara. Di samping itu, saya selaku peneliti mengadakan temu wicara dengan pembimbing yang memberikan penjelasan kepada (Masalah sesuai dengan judul. Hal itu dilakukan untuk memperoleh masukan mengenai keadaan (Masalah sesuai dengan judul).
1.5 Sasaran dan Sampel Penelitian
Sasaran (Populasi) penelitian ini ialah (Masalah sesuai dengan judul)………. Adapun yang menjadi sampel penelitian ialah ………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
2. Landasan Teori
Sesuai dengan tujuan penelitian yang telah dikemukakan di atas bahwa tujuan penelitian ini ialah untuk……………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………….. Sebagaimana kita ketahui, landasan teori tentang …………………………………………………………….. misalnya landasan teori (buku-buku yang sesuai). Sehubungan dengan itu, landasan teori yang diterapkan dalam penelitian ini ialah landasan atau pendekatan structural/ …………………………… ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………(disesuikan)
Inti teori tersebut dapat disimpulkan bahwa ……………………………………………… ……………………………………………………………………………………..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Selanjutnya bagaimana menentukan tolok ukur (Masalah sesuai dengan judul)?
Tolak ukur untuk menentukan (Masalah sesuai dengan judul dan dilanjutkan dengan penyesuaian teori-teori diatas sampai benar-benar terperinci)………………… ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...
Demikian, sepintas kilas tentang landasan teori yang dijadikan tolok ukur untuk menentukan (Masalah sesuai dengan judul) itu. Setelah landasan teori ini diinternalisasi dan diakumulasi dengan komponen-komponen penelitian yang lainnya kemudian disusun instrumen. Instrumen itu merupakan alat pengumpul data. Agar instrumen yang digunakan …………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...
Data tersebut kemudian diolah, dianalisis dan dibahas. Analisis data dan pembahasannya dapat diikuti pada uraian berikut.
3. Data, Analisis dan Pembahasannya
Data (Masalah sesuai dengan judul). …………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...
Setelah seluruh data itu terkumpul kemudian diolah dan dianalisis. Dari hasil pengolahan data tes tertulis, hasil (Masalah sesuai dengan judul)…………………………………………… …………………………………………………… itu masih kurang. Rata-rata (Masalah sesuai dengan judul) ialah (contoh 40 dan dari hasil penguasaan lisan 50 sehingga rata-rata 45. Dengan kata lain, (Masalah sesuai dengan judul) ………………………..
…………………………………………………………………. itu masih belum memadai. Sehubungan dengan itu, timbul pertanyaan. Hal-hal atau faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan (Masalah sesuai dengan judul)?
Jawaban terhadap pertanyaan tersebut perlu dianalisis dari sumber data yang telah diajukan kepada siswa. Adapun faktor memudahkan proses analisis, faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan mereka -faktor yang disorot ialah:
1) …………………………………………………………………………………………………,
2) …………………………………………………………………………………………………,
3) ………………………………………………………………………………………………….
Baiklah untuk mengupas ketiga faktor tersebut, pembahasaannya dapat diikuti pada uraian berikut.
3.l Latar Belakang (Masalah sesuai dengan judul)
(Masalah sesuai dengan judul) yang diteliti ini berlatar ………………..…………………… ……………………………………………………………………, yaitu;
1) …………………………………………………………………………………………………,
2) …………………………………………………………………………………………………,
3) ………………………………………………………………………………………………….
Berdasarkan hasil wawancara dengan……………………………../hsil pengamatan/ observasi. ……………………………………………………………………………………..
Suatu hal yang menarik ialah ………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Demikian sekilas gambaran tentang latar belakang (Masalah sesuai dengan judul) itu. Selanjutnya, bagaimana pembahasan tentang (Masalah sesuai dengan judul) itu dapat diikuti pada uraian di bawah ini.
3.2 Analisis dan Pembahasan (Masalah sesuai dengan judul)
Sebagaimana telah diuraikan di muka bahwa tolok ukur untuk (Masalah sesuai dengan judul) itu didasarkan atas analisis …………………….. secara struktural. Analisis difokuskan pada tiga tataran, yaitu fungsi, kategori dan peran atau makna.(atau sejenisnya) Agar proses analisis ini cukup jelas, patut diketengahkan tentang data (Masalah sesuai dengan judul) itu. Data yang diungkapkan di sini meliputi dua aspek, yaitu ……………………………………. (Masalah sesuai dengan judul).
Dari hasil pengolahan data melalui tes tertulis (atau tes yang lain) masih mengalami kesulitan dalam (Masalah sesuai dengan judul). Mereka belum mampu (Masalah sesuai dengan judul), sebagai contoh
1) …………………………………………………………………………………………………,
2) …………………………………………………………………………………………………,
3) ………………………………………………………………………………………………….
Secara fungsional kalimat (1), (2) dan (3) bila dianalisis berdasarkan fungsi, ada yang sudah tepat dan ada pula yang masih kurang tepat. Demikian pula, ………….…………… ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………….(tentukan pula alas an-alasannya atau pembedanya agar lebih jelas).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (Masalah sesuai dengan judul) masih banyak ditemukan kesalahan-kesalahan dalam (Masalah sesuai dengan judul). Kesalahan lain yang ditemukan dalam penelitian ini sebagai berikut ;
1) …………………………………………………………………………………………………,
2) …………………………………………………………………………………………………,
3) ………………………………………………………………………………………………….
Suatu hal yang menarik dari hasil penelitian ini ialah tentang (Masalah sesuai dengan judul), sebagai contoh
1) …………………………………………………………………………………………………,
2) …………………………………………………………………………………………………,
3) ………………………………………………………………………………………………….
Kalimat (1) dan (2) di atas merupakan ………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………
Fakta ini dapat dibuktikan, yaitu pada waktu mereka dites dan hasil penelitian (disertakan litertur). Pembuktian yang lainnya ialah …………………………….., sebagai contoh
1) …………………………………………………………………………………………………,
2) …………………………………………………………………………………………………,
3) ………………………………………………………………………………………………….
Demikan pula pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan………………… …………………………………………………………………………………………………………………………………………. Sebagai akhir pembahasan hasil penelitian ini perlu disimpulkan sebagaimana diuraikan berikut ini.
4. Simpulan dan Rekomendasi
4.1 Simpulan
Setelah melalui proses analisis data, pengolahan dan pembahasannya, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (Masalah sesuai dengan judul).
1) …………………………………………………………………………………………………,
2) …………………………………………………………………………………………………,
3) ………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4.2 Rekomendasi
Sehubungan dengan ditemukannya beberapa kendala (Masalah sesuai dengan judul).. Untuk itu ada beberapa rekomendasi yang mungkin dapat dijadikan masukan untuk memecahkan masalah tersebut, yaitu
1) ……………………………………………………………………………………………,
2) ……………………………………………………………………………………………,
3) …………………………………………………………………………………………….
Demikian, beberapa rekomendasi yang dapat diajukan. Sudah tentu, masih banyak hal-hal lain yang belum terungkapkan di sini. Oleh karena itu, melalui makalah ini, kami sangat mengharapkan masukan dan kritik yang sangat berharga dari hadirin sekalian agar proses (Masalah sesuai dengan judul).
Akhirnya, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya, karena sajian hasil penelitian ini masih sederhana dan jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, penelitian ini perlu dilanjutkan agar harapan serta tujuan yang diinginkan dapat tercapai.
Surabaya, Mei 2011
Peneliti
Suhartono, S.Pd
Daftar Bacaan
Alderson, J. Charles & Urquhart. (1984). Reading inForeign Language. London : Longman.
Ellis, Rod. (1986). Understanding Second Language Acquisition. New York : Oxford University.
Hornstein, Norbert and Lightfoot, David. ( 1981). London : Longman.
Hidayat, S. Kosadi. (1998). Kemampuan Mahasiswa Asing pada Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Membaca Wacana Bahasa Indonesia. Bandung : UPI
Moeliono, M., Anton. dkk. (1988). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Ramlan, M. (1982). Ilmu Bahasa Indonesia : “ Sintaksis.” Yogyakarta : CV Karyono.
Sakri, Ajat. (1993). Bangun Kalimat BahasaIndonesia . Bandung : Penerbit ITB.
Seliger, W. Herbert and Shohamy, Elana. (1989). SecondLanguage Research Method.
Tarigan, Henry, Guntur . (1985). Pengajaran Sintaksis. Bandung : Angkasa.
Wallace, Michael, J. (1991). Training Foreign Language Teacher. New York : Cambridge University Press.
0 komentar:
Posting Komentar